MAKALAH ASKEB PATOLOGIS KEHAMILAN POSTMATUR

Disusun oleh:

Tim

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar belakang

Dari Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) dan data Biro Pusat Statistik (BPS), angka kematian ibu dalam kehamilan dan persalinan di seluruh dunia mencapai 515 ribu jiwa pertahun. Ini berarti seorang ibu meninggal hampir setiap menit karena komplikasi kehamilan dan persalinannya (dr. Nugraha, 2007).

Kematian dan kesakitan ibu sebenarnya dapat dikurangi atau dicegah dengan berbagai usaha perbaikan dalam bidang pelayanan kesehatan obstetri. Pelayanan kesehatan tersebut dinyatakan sebagai bagian integeral dari pelayanan dasar yang akan terjangkau seluruh masyarakat. Kegagalan dalam penangan kasus kedaruratan obstetri pada umumnya disebabkan oleh kegagalan dalam mengenal resiko kehamilan, keterlambatan rujukan, kurangnya sarana yang memadai untuk perawatan ibu hamil dengan resiko tinggi maupun pengetahuan tenaga medis, paramedis, dan penderita dalam mengenal Kehamilan Resiko Tinggi (KRT) secara dini, masalah dalam pelayanan obstetri, maupun kondisi ekonomi (Syamsul, 2003).

Tingginya angka kematian ibu dan anak umumnya akibat ahli kebidanan atau bidan terlambat mengenali, terlambat merujuk pasien ke perawatan yang lebih lengkap, terlambat sampai di tempat rujukan, dan terlambat ditangani. (Anonim,2002).

Penanganan rujukan obstetri merupakan mata rantai yang penting, menjadi faktor penentu dari hasil akhir dari kehamilan dan persalinan. Kurang lebih 40% kasus di RS merupakan kasus rujukan. Kematian maternal di RS pendidikan 80-90% merupakan kasus rujukan. Kematian perinatal di RS pendidikan kurang lebih 60% berasal dari kelompok rujukan (Anonim, 2002).

Ada lima aspek dasar atau lima benang merah, yang paling penting dan saling terkait dalam asuhan persalinan yang bersih dan aman. Berbagai aspek tersebut melekat pada setiap persalinan baik normal maupun patologis. Lima benang merah tersebut adalah membuat keputusan klinik, asuhan sayang ibu dan sayang bayi, pencegahan Infeksi, pencetakan (rekam medik) asuhan persalinan dan rujukan (Asuhan Persalinan Normal, 2002).

Kasus-kasus yang harus dirujuk bidan adalah riwayat bedah sesar, perdarahan pervaginam, persalinan kurang bulan (usia kehamilan kurang dari 37 minggu), ketuban pecah disertai dengan mekonium yang kental, ketuban pecah lama (lebih dari 24 jam), ketuban pecah pada persalinan kurang bulan (kehamilan kurang dari 37 minggu), ikterus, anemia berat, tanda gejala infeksi, pre-eklampsia /hipertensi dalam kehamilan, tinggi fundus 40 cm /lebih, gawat janin, primipara dalam fase aktif kala I persalinan dan kepala janin masih 5/5, persentasi bukan belakang kepala, persentasi ganda (majemuk), kehamilan ganda atau gemelli, tali pusat menumbung dan syok (Asuhan Persalinan Normal, 2007).Membuat keputusan klinik dihasilkan melalui serangkaian proses dan menggunakan informasi dari hasil dan dipadukan dengan kajian teoritis dan interpensi berdasarkan bukti pengalaman yang dikembangkan melalui berbagai tahapan dan terfokus pada pasien (Varney,1997).

Di beberapa daerah di Propinsi Sumatera Utara, Angka Kematian Ibu (AKI) lokal lebih tinggi dari Angka Kematian Ibu (AKI) Nasional. Penyebab kematian ibu adalah perdarahan pasca persalinan (40-60%), infeksi (20-30%) dan eklampsia (20-30%). Ternyata 80% kematian ibu terjadi di RS rujukan yang diakibatkan keterlambatan dalam rujukan maupun penanganan penderita (Abram Siregar, 2002).

Berdasarkan latar belakang tersebut penulis menyajikan makalah mengenai postmatur disertai dengan stusi kasus yang terjadi dalam kehidupan sehari hari.

B. Tujuan Penulisan

Penyusunan makalah ini bertujuan antara lain :

1. Sebagai bahan acuan mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan mengenai persalinan postmatur

2. Untuk memenuhi tugas mata kuliah Asuhan kebidanan patologis

3. Untuk menambah bahan bacaan di perpustakaan kampus 7 prodi D III Kebidanan Purwokerto Poltekkes Depkes Semarang

BAB II

KONSEP DASAR

I. TINJAUAN TEORI

A. Pengertian

Definisi Kehamilan Lewat waktu (PosT Term) adalah kehamilan yang melewati 294 hari atau lebih dari 42 minggu Lengkap. ( ILmu kebidanan: hal 317).

Postmatur menunjukan atau menggambarkan kaadaan janin yang lahir telah melampauhi batas waktu persalinannya, sehingga dapat menyebabkan beberapa komplikas.i(Buku Pengantar Kuliah Obsetri: hal 450)

Definisi standar untuk kehamilan lewat bulan adalah 294 hari setelah hari pertama menstruasi terakhir, atau 280 hari setelah ovulasi. Istilah lewat bulan ( postdate) digunakan karena tidak menyatakan secara langsung pemahaman mengenai lama kehamilan dan maturitas janin. ( Varney Helen,2007)

B. Etiologi

Etiologi menurut Nwosu dkk factor-faktor yg menyebabkan post matur stress, sehingga tidak timbulnya His Kurangnya air ketuban Insufisiensi plasenta ( ILmu Kebidanan: hal.318)

Namun ada juga yang berpendapat Etiologinya masih belum pasti. Faktor yang dikemukakan adalh hormonal yaitu kadar progesteron tidak cepat turun walaupun kehamilan telah cukup bulan, sehingga kepekaan uterus terhadap oksitosin berkurang ( Mochtar, Rustam, 1999). Diduga adanya kadar kortisol yang rendah pada darah janin. Selain itu, kurangnya air ketuban dan insufisiensi plasenta juga diduga berhubungan dengan kehamilan lewat waktu.

Fungsi plasenta memuncak pada usia kehamilan 38-42 minggu, kemudian menurun setelah 42 minggu, terlihat dari menurunnya kadar estrogen dan laktogen plasenta. Terjadi juga spasme arteri spiralis plasenta. Akibatnya dapat terjadi gangguan suplai oksigen dan nutrisi untuk hidup dan tumbuh kembang janin intrauterin. Sirkulasi uteroplasenta berkurang sampai 50%.Volume air ketuban juga berkurang karena mulai terjadi absorpsi. Keadaan-keadaan ini merupakan kondisi yang tidak baik untuk janin. Risiko kematian perinatal pada bayi postmatur cukup tinggi : 30% prepartum, 55% intrapartum, 15% postpartum.

Selain itu juga terjadinya kehamilan sirotinus antara lain:

1. Hipoplasia hipofise

2. Anensefalus

3. Devisiensi enzim sulfarase plasenta

4. Hormon estriol yang rendah

C. Pengaruh pada Kehamilan, Persalinan dan Nifas

1. Terhadap Ibu

Persalinan postmatur dapat menyebabkan distosis karena aksi uterus tidak terkoordinir, Janin besar, Moulding kepala kurang. Maka akan sering dijumpai : partus lama, kesalahan letak, inersia uteri, distosia bahu dan perdarahan postpartum. Hal ini akan menaikan angka mordibitas dan mortalitas.

2. Terhadap janin

Jumlah kematian janin/ bayi pada kehamilan 43 minggu tiga kali lebih besar dari kehamilan 40 minggu karena postmaturitas akan menambah bahaya pada janin. Pengaruh postmaturitas pada janin bervariasi: berat badan janin dapat bertambah besar, tetap dan ada yang berkurang, sesudah kehamilan 42 minggu. Ada pula yang bisa terjadi kematian janin dalam kandungan.

D. Diagnosa

Dengan mengetahui hari pertama menstruasi maka kita akan dapat menentukan:

1. Perhitungan kemungkinan waktu persalinan menurut Naegle

2. Hasil pemeriksaan antenatal berupa:

a) Janin besar untuk masa kehamilan (BMK)

b) Janin kecil untuk masa kehamilan (KMK)

c) Janin sama besarnya untuk masa kehamilan (SMK)

3. Melalui perkiraan tahap aktivitas janin dalam rahim yang (sudah baku)

4. Perbandingan dengan orang lain yang sudah bersalin

5. Menggunakan ultrasonografi untuk memperkirakan berat, waktu persaliunan, menentukan biofisik profil janin, kesejahteraan intraureti. USG, Ukuran diameter bipariental, gerakan janin dan jumlah air ketuban

6. Pemeriksaan rontgenologik, dapat dijumpai pusat-pusat penulangan pada bagian distal femur, bagian proksimal tibia, tulang kuboid, diameter bipariental 9,8 cm atau lebih.

7. Pemeriksaan sitologik air ketuban : air ketuban diambil dengan amniosentesis, baik transvaginal maupun transabdominal. Air ketuban akan bercampur lemak dari sel-sel kulit yang dilepas janin setelah kehamilan mencapai lebih dari 36 minggu. Air ketuban yang diperoleh dipulas dengan sulfat biru nil maka sel-sel yang mengandung lemak akan berwarna jingga. Bila :

a. Melebihi 10% : kehamilan di atas 36 minggu

b. Melebihi 50% : kehamilan di atas 39 minggu

8. Amnioskopi : melihat derajat kekeruhan air ketuban, menurut warnanya karena dikeruhi mekonium.

9. Kardiotografi : mengawasi dan membaca DJJ, karena insufiensi plasenta

10. Uji Oksitosin (stress test) : yaitu dengan infus tetes oksitosin dan diawasi reaksi janin terhadap kontraksi uterus. Jika ternyata reaksi janin kurang baik, hal ini mungkin janin akan berbahaya dalam kandungan.

11. Pemeriksaan kadar estriol dalam urin

12. Pemeriksaan PH darah kepala janin

13. Pemeriksaan sitologi vagina

(Menurut Rustam Mochtar, Sinopsis Obstetri Jilid I, 1998)

Kita sering kali sukar menetapkan diagnosis kehamilan sirotinus,khususnya di Negara berkembang tetapi dapat di gunakan beberapa criteria berikut:

1. Detag jantung Janin mulai terdengar

a) Fondoskop pada minggu 18

b) Dopller pada minggu 12

2. Quickening terasa mulai minggu 18

a) Fundus uteri setinggi pusat pada minggu 20

Dendang memeriksakan USG perkiraan usui kehamilan akan lebih tepat untuk kehamilan trimester I dan II, sedangkan pada Trimester III sering kurang cepat. Kenyataan ini sering terjadi oleh karena pertumbuhan janin dalam rahim tidak tetap artinya bukan merupakan pertumbuhan linier.

Perubahan yang mendasar yang terjadi pada kehamilan sirotinus atau postmatur bersumber dari kemampuan plasenta untuk memberikan nutrisi dan oksigen serta kemampuan fungsi lainya, dan dapat menyebabkan keadaan sebagai berikut:

1. Jika fungsi plasenta masih cukup baik dapat menyebabkan:

a. Tumbuh kembang janin berlangsung terus,sehingga berat badan terus bertambah sekalipun lambat,dapt mencapai lebih dari 4000-4500gr yang di sebut dengan bayi makrosomia’

b. Bayi postmaturel hipermaturel dengan criteria:

· Mungkin dengan berat badsan yang besar atau makrosomia

· Kukun panjang

· Penulangan baik

· Tulang rawan telinga sudah cukup

· Pertumbuhan genetalia sekunder sudah ada

· Mata besar dan terbuka

2. Jika fungsi plasenta telah mengalami disfungsi atau insufisiensi, sehingga tidak mampu mamberikan nutrisi dan oksigen yang cukup,akan terjadi sebaliknya dan di sebut sebagai sindron postmature dengan criteria berikut:

a. Bayi tampak tua

b. Kuku panjang

c. Lipid kulit berkurang sehingga menimbulkan keriput terutama di kulit tangan dan kaki

d. Matanya lebar bahkan sudah terbuka

e. Verniks caseosa telah hilangatau berkuran

Diagnosis bayi postmatur pascapersalinan

Diagnosis bayi postmatur pascapersalinan, dengan memperhatikan tanda-tanda postmaturitas yang dapat dibagi dalam 3 stadium :

1. Stadium I : kulit tampak kering, rapuh dan mudah mengelupas(maserasi), verniks kaseosa sangat sedikit sampai tidak ada.

2. Stadium II : keadaan kulit seperti stadium I disertai dengan pewarnaan kulit yang kehijauan oleh mekoneum yang bercampur air ketuban.

3. Stadium III : terdapat pewarnaan kekuningan pada kuku dan kulit janin serta pada jaringan tali pusat.Pada saat persalinan, penting dinilai keadaan cairan ketuban. Jika telah terjadi pewarnaan mekonium (kehijauan) atau bahkan pengentalan dengan warna hijau kehitaman, begitu bayi lahir harus segera dilakukan resusitasi aktif. Idealnya langsung dilakukan intubasi dan pembilasan trakhea.

E. Komplikasi

Kemungkinan komplikasi pada bayi postmaturhipoksia ;

1. Hipovolemia

2. Asidosis

3. Sindrom gawat napas

4. Hipoglikemia

5. Hipofungsi adrenal.

Persalinan janin makrosomia pervaginam akan menimbulkan trauma pada bayi dan maternal yang makin tinggi

1. Komplikasi trauma pada janin atau bayi

a. Asfiksia karena terlalu lama terjepit

b. Truma akibat tindakan oprasi yang di lakukan pervaginam dengan bentuk trias komplikasi:

1) Infeksi

2) Asfiksia

3) Trauma langsung dan perdarahan

2. Komplikasi maternal “trias komplikasi”

a. Trauma langsung persalinan pada jalan lahir:

1) Robekan luas

2) Fistula rekto-vasiko vaginal

3) Ruptura perineum tingkat lanjut

b. Infeksi karena terbukanya jalan halir secara luas senghingga mudah terjadi kontaminasi bacterial.

c. Perdarahan:

1) Trauma langsung jalan lahir

2) Atonia uteri

3) Retentio Plasenta

F. Penatalaksanaan

1. Setelah usia kehamilan > 40-42 minggu yang penting adalah monitoring janin sebaik-baiknya.

2. Apabila tidak ada tanda-tanda insufisiense plasenta, persalinan spontan dapat ditunggu dengan pengawasan ketat

3. Lakukan pemeriksaan dalam untuk menilai kematangan serviks, kalau sudah matang boleh dilakukan induksi persalinan dengan atau tanpa amniotomi.

4. Bila :

a. Riwayat kehamilan yang lalu ada kematian janin dalam rahim

b. Terdapat hipertensi, pre-eklampsia

c. Kehamilan ini adalah anak pertama karena infertilitas

d. Pada kehamilan > 40-42 minggu

Maka ibu dirawat di rumah sakit :

1. Tindakan operasi seksio sesarea dapat dipertimbangkan pada

a. Insufisiensi plasenta dengan keadaan serviks belum matang

    1. Pembukaan yang belum lengkap, persalinan lama dan terjadi gawat janin, atau
    2. Pada primigravida tua, kematian janin dalam kandungan, pre-eklampsia, hipertensi menahun, anak berharga (infertilitas) dan kesalahan letak janin.

2. Pada persalinan pervaginam harus diperhatikan bahwa partus lama akan sangat merugikan bayi, janin postmatur kadang-kadang besar dan kemungkinan diproporsi sefalo-pelvik dan distosia janin perlu dipertimbangkan. Selain itu janin postmatur lebih peka terhadap sedatif dan narsoka, jadi pakailah anestesi konduksi.

(Menurut Rustam Mochtar, Sinopsis Obstetri Jilid I, 1998)

Pertimbangan Persalinan Anjuran (induksi)

Persalinan anjuran bertujuan untuk dapat :

1. Merangsang otot rahim berkontraksi, sehingga persalinan berlangsung

2. Membuktikan ketidakseimbangan antara kepala janin dengan jalan lahir bishop telah menetapkan beberapa penilaian agar persalinan induksi dapat berhasil seperti yang ditujukan pada tabel berikut :

Keadaan fisik

Nilai

Total Nilai

Pembukaan serviks 0 cmPerlunakan 0-30%

Konsistensi serviks kaku

Arah serviks ke belakang

Kedudukan bagian terendah -3

0

0

Pembukaan 1-2 cmPerlunakan serviks 40-50%

Konsistensi serviks sedang

Arah serviks ke tengah

Kedudukan bagian terendah -2

1

1

Pembukaan 3-4 cmPerlunakan 60-70%

Konsistensi serviks lunak

Kedudukan bagian terendah -1-0

2

2

Pembukaan di atas 5 cmPerlunakan 80% +

3

3

Persalinan anjuran atau induksi persalinan dapat dilakukan dengan metode:

1. Metode Stein

Persalinan anjuran mulai pagi hari.

a. Pukul 6.00 : 30 cc oleum ricini

b. Pukul 7.00 : bisulfas kinine 0,200 gr

c. Pukul 8.00 : bisulfas kinine 0,200 gr + klisma air sabun hangat 1 liter

d. Pukul 9.00 : bisulfas kinine, suntikan pituitrin 0,2 cc

e. Pukul 10.00 : bisulfas kinine, suntikan pituitrin 0,2 cc

f. Pukul 11.00 : bisulfas kinine, suntikan pituitrin 0,2 cc

g. Pukul 12.00 : bisulfas kinine, suntikan pituitrin 0,2 cc

h. Pukul 14.00 : hanya suntikan pituitrin 0,2 cc

i. Pukul 16.00 : hanya suntikan pituitrin 0,2 cc

j. Pukul 18.00 : hanya suntikan pituitrin 0,2 cc

Sekalipun metode stein sudah ditinggalkan, tetapi untuk pengetahuan bidan masih perlu diketahui. Selama metode stein, kehamilan lewat waktu akan mendapatkan :

a. 1,2 gr bisulfas kinine

b. 1,4 cc pituitrin injeksi

Persalinan anjuran dengan metode ini di luar rumah sakit berbahaya karena dapat terjadi :

a. Kontraksi rahim yang kuat sehingga dapat mengancam :

1) Ketuban pecah saat pembukaan kecil

2) Ruptura uteri membakat

3) Gawat janin dalam rahim

b. Kelambatan melakukan rujukan, dapat merugikan penderita.

c. Persalinan anjuran dengan infus pituitrin (sintosinon)

2. Persalinan anjuran dengan infus oksitosin, pituitrin atau sintosinon 5 unit dalam 500 cc glukosa 5%, banyak dipergunakan.

Teknik induksi dengan infus glukosa lebih sederhana, dan mulai dengan 8 tetes, dengan teknik maksimal 40 tetes/menit. Kenaikan tetesan setiap 15 menit sebanyak 4 sampai 8 tetes sampai kontraksi optimal tercapai. Bila dengan 30 tetes kontraksi maksimal telah tercapai, maka tetesan tersebut dipertahankan sampai terjadi persalinan. Apabila terjadi kegagalan, ulangi persalinan anjuran dengan selang waktu 24 sampai 48 jam.

3. Memecahkan ketuban

Memecahkan ketuban merupakan salah satu metode untuk mempercepat persalinan. Setelah ketuban pecah, ditunggu sekitar 4 sampai 6 jam dengan harapan kontraksi otot rahim akan berlangsung. Apabila belum berlangsung kontraksi otot rahim dapat diikuti induksi persalinan dengan infus glukosa yang mengandung 5 unit oksitosin.

4. Persalinan anjuran dengan menggunakan prostaglandin

Telah diketahui bahwa kontraksi otot rahim terutama dirangsang oleh prostaglandin. Pemakaian prostaglandin sebagai induksi persalinan dapat dalam bentuk infus intravena (Nalador) dan pervaginam (prostaglandin vagina suppositoria).

5. Pompa Payudara atau Stimulasi Putting

Beberapa studi skala besar telah mengevaluasi keamanan dan keefektifitasaan stimulasi payudara sebagai metede induksi persalinan. Namun,efek komulatif dari banyak studi yang menggunakan pompa payudara atau stimulasi putting manual yang di kombinasi dengan landasan fisiologi perubahab serviks telah meningkatkan tres perekomendasian metode yang relative tidak berbahaya ini untuk menginduksi persalinana. Penanganan yang beragam termasuk pompa payudara listrik otomatis yang mensimulasi masing-masing payu dara selama15 menit, di selingi periode istirahat selama15 menit, stumulasi payu dara dengan pijatan lembut menggunakan kompresan hangat lembab salama 1jam sebanyak 3 kali sehari, stimulasi payudara selama 45 menit tiga kali sehari dan pijatan lembut pada kedua payudara secara bergantian selama waktu 3 jam sehari. Kelemahan penelitian ini meliputi kurangnya kepatuhan dalam melaksanakan intervensi yang di anjurkan,jumlah anggoata sedikat daklam kelompok, control minim terhadap veriabel penting,seperti usia gestasi, dan criteria intervensi yang tidak dapat di andalkan. Wanita yang mencoba teknik ini sebaiknya di peringatkan membatasi kontak dengan putting sehingga tidak terlalu hiperstimulasi uterus.

6. Minyak Jarak

Ingesti minyak jarak 60 mg yang di campur dengan jus apel atau jus jaruk tampaknya dapat menigkatkan anggka kejadian persalinan normal jika di berikan pada kehamilan cukup bulan. Investi ini memiliki beberapa kelemahan namun hanya terdapat sedikit penelitian mengenai topic ini. Waktu yang tepat untuk memberikan minyak jarak dalam menginduksi persalinan adalah setelah tidur malam yang lelap dan 1 hingga 2 jam sebelum wanita hamil bangun setiap hari.. Minyak jarak bekerja dengan manstimulasi saraf fagus sehingga akan menrangsang uterus . Cara kerja ini akan berlanggsung dalam 2 hingga 6 jam.

7. Kateter Folay atau Kateter Balon

Kateter Folay memiliki beberapa manfaat sabagai alat mekanis yang di gunakan untuk meregangkan serviks. Kateter ini mudah di dapatkan relative aman untuk di gunakan, ekonomis, mudah di pasang dan mudah di pasang dan mudah di lepas.

Selain itu pemantauan janin tidak perlu di lakukan saat kateter di gunakan, karena Kateter Ini juga mempunyai kelebihan manfaat bila di kombinasi dengan metode hormone untuk mematangkan serviks. Secara umum biasanya kateter ukuran 16 di masukan melalui saluran serviksa, dan kemudian balon diisi udara sebanyak 20 hingga 50 mililiteruntuk menjaga kateter tetep pada tempatnya. Beberapa uji klinis secara kecil membuktikan teknik ini sangat menjanjikan dan banyak subjek pada uji tersebut memasuki awal persalinan dengan Folay masih terpasang. Efek yang sama terlihat pada penggunaan laminaria dan dilater osmosis sintetik.

8. Aktivitas Seksual, Jamu-jamuan

Banyak bidan secara rutin atau memanipulasi genetalia jika membrane masih utuh , stimulasi payudara dan putting atau metode jamu-jamuan untuk mempercepat persalinan.Meminum jamu-jamuan seperti evening primrose oil, black cohosh tincture dan blue cohosh tincture dapat membantu namun kurangnya penelitian yang member panduan untuk dosis, keamanan dan dan metode ini mengurangkan niat bidan untuk menganjurkanya. Akupuntur dan hemoepati merupakan metode tambahan untuk induksi persalinan.

(Menurut Manuaba dalam Buku Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan dan KB Untuk Pendidikan Bidan, 1998) dan ( Buku Ajar Asuhan Kebidanan Edisi 4 Vol 1 hal:666)

Sikap bidan dalam penanganan kehamilan lewat waktu

Kehamilan lewat waktu dapat membahayakan janin karena sensitif terhadap rangsangan kontraksi, yang menimbulkan asfiksia sampai kematian dalam rahim. Dalam melakukan pengawasan hamil dapat diperkirakan bahwa kehamilan lewat waktu dengan :

  1. Anamnesa.
  2. Kehamilan belum lahir setelah melewati waktu 42 minggu
  3. Gerak janinnya makin berkurang dan kadang-kadang berhenti sama sekali.

Hasil anamnesa penderita perlu diperhatikan sebagai dasar permulaan.

  1. Hasil pemeriksaan

Hasil pemeriksaan dapat dijumpai :

a. Berat badan ibu mendatar atau menurun

b. Air ketuban terasa berkurang

c. Gerak janin menurun

2. Bagaimana sikap bidan

Menghadapi keadaan demikian bidan dapat bersikap :

a. Melakukan konsultasi dengan dokter

b. Menganjurkan untuk melakukan persalinan di rumah sakit

c. Penderita dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan yang adekuat.

(Menurut Manuaba dalam Buku Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan dan KB Untuk Pendidikan Bidan, 1998)

Pengelolaan Intrapartum

  1. Pasien tidur miring sebelah kiri
  2. Pergunakan pemantauan elektronik jantung janin
  3. Beri oksigen bila ditemukan keadaan jantung yang abnormal
  4. Perhatikan jalannya persalinan
  5. Segera setelah lahir, bayi harus segera diperiksa terhadap kemungkinan hipoglikemi, hipovolemi, hipotermi dan polisitemi

(Dikutip dari Buku Maternal dan Neonatal, 2002)

Mencegah Aspirasi Mekoneum

Apabila ditemukan cairan ketuban yang terwarnai mekoneum harus segera dilakukan resusitasi sebagai berikut :

  1. Penghisapan nasofaring dan drofaring posterior secara agresif sebelum dada janin lahir
  2. Bila mekoneum tampak pada pita suara, pemberian venitasi dengan tekanan positif dan tangguhkan dahulu sampai trakea telah di latubasi dan penghisapan yang cukup.
  3. Intubasi trakea harus dilakukan rutin bila ditemukan mekoneum yang tebal.

(Dikutip dari Buku Maternal dan Neonatal, 2002)

II. TINJAUAN KASUS

Pengkajian dilakukan tanggal 7 Maret 2010 pukul 13.00 WIB di ruang perawatan kebidanan RSUD Margono Soekarjo Purwokerto. Ibu mengatakan bahwa kehamilannya sudah lewat bulan.

I. PENGKAJIAN

DATA SUBJEKTIF

A. Biodata

Nama ibu : Ny.Y Nama ayah : Tn.A

Umur : 21 tahun Umur : 26 th

Agama : Islam Agama : islam

Suku / bangsa : Indonesia Suku / bangsa : indonesia

Pendidikan : SMA Pendidikan : SMA

Pekerjaan : Ibu rumah tangga Pekerjaan : swasta

Alamat : Purwokerto Alamat : Purwokerto

B. Anamnesa

Pada tanggal 7 Maret 2010 Pukul 13.00 WIB

1. Alasan Datang : Ibu datang ke RSUDN Margono Soekarjo Purwokert pada tanggal 7 Maret 2010 mengaku hamil lewat bulan, anak pertama, mules (-), lendir darah (-), air-air (-), dan gerakan anak masih dirasakan.

2. Keluhan Utama : Ibu merasa cemas dengan kehamilannya yang lebih bulan

3. Riwayat Penyakit

a. Riwayat penyakit yang diderita pasien

1) Penyakit menular (AIDS/HIV, TBC, Sifilis) : tidak ada

2) Penyakit Keturunan (Hipertensi, Jantung, ginjal) : tidak ada

3) Penyakit yang pernah diderita pasien : tidak ada

4) Riwayat operasi yang pernah dijalani : tidak ada

b. Riwayat penyakit keluarga/keturunan

1) Penyakit menular (AIDS/HIV, TBC, Sifilis) : tidak ada

2) Penyakit Keturunan (Hipertensi, jantung, ginjal) : tidak ada

3) Keturunan kembar : tidak ada

4. Riwayat Obstetrik

a. Riwayat Menstruasi

Menarche : 14 Tahun

Warna : Merah kehitaman

Siklus : 28 hari

Jumlah : 2 kali ganti pembalut perhari

Lamanya : 7 hari

Dismenorhoe : tidak ada

b. Riwayat kehamilan sekarang

HPHT : 10 Mei 2009

ANC : 6 kali di bidan

HPL : 17 Februari 2010

Tablet Fe : 90 tablet sudah habis diminum

Usia Kehamilan : 42 minggu 4 hari

TT : 6X dibidan

Keluhan selama hamil :

Trimester 1 : mual, pusing

Saran : Istirahat teratur, makan sedikit tapi sering

Trimester II : tidak ada

Trimester III : nyeri pinggang

Saran : Pandkes ketidaknyamanan nyeri pinggang

c. Riwayat Kehamilan,Persalinan dan Nifas yang lalu.

No

Tgl lhr

Usia kehamilan

Jenis persalinan

Tempat persalinan

Komplikasi

Penolong

Bayi

Nifas

Umur

Ibu

Bayi

PB/BB

jenis

Keadaan

Keadaan

Laktasi

1.

Hamil ini

5. Data Kebiasaan sehari-hari

a. Pola Nutrisi

Makan : 3x sehari

Pagi : nasi,lauk, secangkir teh manis

Siang : sepiring nasi,ikan,semakuk sayur dan buah

Malam : sepiring nasi,tempe dan semangkuk sayur

Minum : 8-10 gelas perhari

b. Pola istirahat dan Aktivitas

Tidur / Istirahat malam : ± 6-7 jam / hari

Tidur / istirahat siang : ± 1-2 jam / hari

Aktivitas : pekerjaan rumah tangga

c. Pola Eliminasi

BAB

- Frekuensi : 1-2 x sehari

- Konsistensi : lembek

- Warna : kuning kecoklatan

- Penyulit : tidak ada

BAK

- Frekuensi : 5-7x perhari

- Konsistensi : cair

- Penyulit : tidak ada

- Warna : kuning jernih

d. Personal Hygiene

Mandi : 2x sehari

Gosok gigi : 2x sehari

Ganti pakaian dalam : 2x dan apabila lembab

6. Riwayat Perkawinan

Kawin : 1 kali dengan suami sekarang

Lamanya : 1 tahun

Umur waktu kawin : 18 tahun

7. Riwayat KB

Pernah mendengar tentang KB : pernah

Pernah menjadi akseptor KB : belum pernah

Jenis kontrasepsi yang digunakan : tidak ada

Lama menjadi akseptor KB : -

Alasan berhenti menjadi akseptor KB : -

8. Data Psikososial

Hubungan ibu dengan suami dan keluarga : baik

Tanggapan ibu, suami, dan keluarga terhadap kehamilan ini : menerima

Pengambil keputusan keluarga : suami

Adat / kebiasaan yg dilakukan mempengaruhi kehamilan : tidak ada

Kebiasaan merokok dan minum-minuman keras : tidak ada

Rencana tempat Persalinan : bidan

DATA OBJEKTIF

A. Pemeriksaan fisik

Keadaan Umum : baik

Kesadaran : compos mentis

Tinggi Badan : 160 cm

Berat Badan : 68 kg

Lila : 26 cm

Tanda-tanda vital

Tekanan darah : 100/80 mmHg

Suhu : 36,6 0C

Pulse : 80 X/menit

RR : 20 X/menit

B. Pemeriksaan Kebidanan

Inspeksi

a. Kepala

Rambut : Rambut bersih, tidak rontok

Mata : Konjungtiva tidak anemi, sclera tidak ikterus

Hidung : Bersih, tidak ada polip

Mulut : Bersih, tidak ada caries gigi dan sariawan

Muka : Tidak ada cloasma gravidarum

b. Leher

Pembengkakan kelenjar tiroid : tidak ada

Pembesaran vena juguralis : tidak ada

Pembesaran kelenjar limfe : tidak ada

c. Dada

Mamae : simetris

Areola mamae : hiperpigmentasi

Putting susu : menonjol

Colostrum : ada

d. Abdomen

Pembesaran : simetris

Striae livide : ada

Linea nigra : ada

Linea Albicans : tidak ada

Striae albicans : tidak ada

Luka bekas operasi : tidak ada

e. Genetalia eksterna :

oedema : tidak ada

Varises : tidak ada

Pengeluaran : tidak ada.

f. Ekstremitas

Atas : tidak ada kelainan

Bawah : tidak ada varices

Refkleks patella : +

Palpasi

Leopold 1 : Teraba bagian besar, bulat dan tidak melenting, TFU 3 jari bawah px (Mc.Donald :33 cm)

Leopold II : Kanan : Teraba bagian kecil janin

Kiri : Teraba bagian keras memanjang seperti ada tahanan.

Leopold III : Teraba bagian bulat, keras dan melenting serta tidak dapat digoyangkan

Leopold IV : Kedua tangan sejajar

TBBJ : ( 33 – 12 ) x 155 = 3255gram

His : ( - )

Auskultasi

DJJ : ( + )

Frekuensi : 145 x / menit

Sifat : Teratur

Lokasi : Di bawah pusat sebelah kiri perut ibu

Pemeriksaan Dalam

Tidak dilakukan

C. Pemeriksaan Penunjang

Tidak dilakukan

II. INTERPRETASI DATA

Diagnosa :Ny.A umur 21 tahun G1P0AO hamil 42 minggu janin tunggal hidup intra uteri, presentasi kepala dengan hamil post matur

Data dasar :

DS :

- Ibu mengatakan bernama Ny. A berumur 21 tahun, hamil pertama kali belum pernah melahirkan dan tidak pernah keguguran dan HPHT 10 Mei 2009

DO :

- Leopold I : teraba bagian besar, lunak bulat tidak melenting,TFU 33 cm

- Leopold II : Kanan teraba bagian kecil janin dan kiri punggung janin

- Leopold III : presentasi kepala sudah masuk PAP

- Leopold IV : sebagian sudah masuk PAP

- DJJ + frekuensi 145x/menit

- UK = 42 minggu lebih 4 hari

III. ANTISIPASI DIAGNOSA DAN MASALAH POTENSIAL

Partus lama

IV. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN AKAN TINDAKAN SEGERA ATAU KOLABORASI

Kolaborasi

V. MERENCANAKAN ASUHAN YANG MENYELURUH

1. Beritahu keadaan ibu dan janin

2. Observasi keadaan ibu dan janin.

3. Anjurkan ibu untuk banyak-banyak minum air putih.

4. Anjurkan ibu miring ke kiri

5. Kolaborasi dengan dokter dalam pemberian terapi sesuai advis dokter :

- I VFD Ringer Laktat + induxin ½ ampul 8 tetes per menit

VI. PELAKSANAAN

Pada tanggal 7 Maret 2010 Pukul 13.30 WIB

1. Memberitahu keadaan ibu dan janin

2. Mengobservasi keadaan ibu dan janin.

3. Menganjurkan ibu untuk banyak-banyak minum air putih.

4. Menganjurkan ibu miring ke kiri

5. Berkolaborasi dengan dokter dalam pemberian terapi sesuai advis dokter :

- I VFD Ringer Laktat + induxin ½ ampul 8 tetes per menit

VII. EVALUASI

Pada tanggal 7 Maret 2010 Pukul 13.40 WIB

1. Ibu mengetahui keadaan ibu dan janin

2. Keadaan ibu dan janin baik.

3. Ibu mau banyak minum

4. Ibu bersedia untuk miring ke kiri

5. Telah berkolaborasi dengan dokter dalam pemberian terapi sesuai advis dokter :

- I VFD Ringer Laktat + induxin ½ ampul 8 tetes per menit

DATA PERKEMBANGAN KALA I

Pengkajian Dilakukan pada tanggal 8 Maret 2010 pukul : 07.00 WIB

I. PENGKAJIAN

DATA SUBJEKTIF

Ibu mengeluh sakit perut yang menjalar ke pinggang yang semakin lama semakin sering.

DATA OBJEKTIF

1. Pemeriksaan Fisik

Keadaan umum : Sedang

Kesadaran : compos mentis

Nadi : 80 x/menit

RR : 22 x/menit

TD : 110/80mmHg

Suhu : 36,8 ºC

2. Pemeriksaan kebidanan

a. Inspeksi

Keluar lendir bercampur darah dari vagina

b. Palpasi

HIS : 2x dalam 10 menit, lamanya 30 detik

Sifat : kuat dan teratur

3. Auskultasi

Lokasi : Di bawah pusat sebelah kiri perut ibu

DJJ : (+)

Frekuensi : 142x/menit

Sifat : kuat dan teratur

4. Pemeriksaan Dalam

a. Portio

- Konsistensi : tipis

- Pendataran : 50%

- Pembukaan : 3 cm

b. Penunjuk : ubun-ubun kecil kiri depan

c. Ketuban : (+)

d. Penurunan : hodge I(+)

II. INTERPRETASI DATA

Diagnosa : Ny. Y umur 21 tahun G1P0AO janin tunggal hidup, presentasi kepala hamil posterm inpartu kala 1, fase laten,

Masalah : ibu mengeluh kesakitan

Data dasar :

DS :

- Ibu mengatakan bernama Ny. A berumur 21 tahun, hamil pertama kali belum pernah melahirkan dan tidak pernah keguguran dan HPHT 10 Mei 2009

- Ibu mengeluh sakit perut yang menjalar ke pinggang yang semakin lama semakin sering.

DO :

- Leopold I : teraba bagian besar, lunak bulat tidak melenting,TFU 33 cm

- Leopold II : Kanan teraba bagian kecil janin dan kiri punggung janin

- Leopold III : presentasi kepala sudah masuk PAP

- Leopold IV : sebagian sudah masuk PAP

- DJJ + frekuensi 142 x/menit

- UK = 42 minggu lebih 4 hari

- Keluar lendir bercampur darah dari vagina

- HIS : 2x dalam 10 menit, lamanya 30 detik,Sifat : kuat dan teratur

- Konsistensi portio tipis,Pendataran : 50%, Pembukaan : 3 cm, Penunjuk : ubun-ubun kecil kiri depan,Ketuban : (+),Penurunan : hodge I(+)

III. ANTISIPASI DIAGNOSA DAN MASALAH POTENSIAL

Partus lama

IV. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN AKAN TINDAKAN SEGERA ATAU KOLABORASI

Kolaborasi

V. MERENCANAKAN ASUHAN YANG MENYELURUH

1. Beritahu keadaan ibu dan janin.

2. Berikan support mental dalam proses persalinan

3. Berikan asupan nutrisi kepada ibu

4. Anjurkan ibu untuk berbaring miring ke kiri

5. Ajarkan teknik relaksasi pada ibu saat ada his yaitu dengan menarik nafas panjang lewat hidung dan mengeluarkannya lewat mulut

6. Kolaborasi dengan dokter untuk terapi sesuai dengan advis dokter :

- I VFD Ringer Laktat + induxin ½ ampul 20 tetes per menit

7. Observasi kemajuan persalinan dengan menggunakan partograf dan lakukan pemeriksaan

VI. PELAKSANAAN

Pada tanggal 8 Maret 2010 pukul 08.00

1. Memberitahu keadaan ibu dan janin.

2. Memberikan support mental dalam proses persalinan

3. Memberikan asupan nutrisi kepada ibu

4. Menganjurkan ibu untuk berbaring miring ke kiri.

5. Ajarkan teknik relaksasi pada ibu saat ada his yaitu dengan menarik nafas panjang lewat hidung dan mengeluarkannya lewat mulut

6. Berkolaborasi dengan dokter untuk memberi terapi sesuai dengan advis dokter

- I VFD Ringer Laktat + induxin ½ ampul 20 tetes per menit

7. Mengobservasi kemajuan persalinan dengan menggunakan partograf dan melakukan pemeriksaan

VII. EVALUASI

Pada tanggal 8 Maret 2010 pukul 08.15

1. Ibu mengerti bahwa keadaan ibu dan janin baik

2. Ibu merasan lebih nyaman

3. Ibu mau meminum teh manis yang diberikan

4. Ibu mau tidur dengan posisi miring kekiri

5. Ibu menarik nafas panjang lewat hidung dan mengeluarkannya lewat mulut

6. Kolaborasi dengan dokter dan telah diberikan obat sesuai advis dokter

7. Kemajuan persalinan di observasi dengan hasil

Jam

TTV

HIS

DJJ

Φ

Cm

TD

N

T

RR

+/-

Frek/dtk

Lama

Kuat

Frek/mnt

teratur

07.30

80

20

+

3

35

Sdg

140

teratur

5

08.00

80

20

+

3

35

Sdg

140

Teratur

08.30

80

20

+

4

40

Sdg

140

Teratur

09.00

80

36,7

20

+

4

45

Sdg

140

Teratur

09.30

82

22

+

4

45

Kuat

140

Teratur

10.00

82

20

+

4

45

Kuat

140

Teratur

10.30

82

22

+

5

45

Kuat

140

Teratur

11.00

120/80

82

36,5

22

+

5

45

Kuat

142

Teratur

10

DATA PERKEMBANGAN

Pengkajian Dilakukan pada tanggal 8 Maret 2010 pukul : 11.00 WIB

I. PENGKAJIAN

DATA SUBJEKTIF

Ibu mengeluh sakit perut yang menjalar ke pinggang yang semakin lama semakin sering.

DATA OBJEKTIF

1. Pemeriksaan Fisik

Keadaan umum : Sedang

Kesadaran : compos mentis

TD : 120/80mmHg

Nadi : 82 x/menit

RR : 22 x/menit

Suhu : 36,5 º C

2. Pemeriksaan kebidanan

a. Inspeksi

Keluar air-air dan lendir bercampur darah dari vagina

b. Palpasi

HIS : 5x dalam 10 menit, lamanya 45 detik

Sifat : kuat dan teratur

c. Auskultasi

Lokasi : Di bawah pusat sebelah kiri perut ibu

DJJ : (+)

Frekuensi : 142x/menit

Sifat : kuat dan teratur

d. Pemeriksaan Dalam

1) Portio

Konsistensi : tipis

Pendataran : 100%

Pembukaan : 10 cm

2) Penunjuk : ubun-ubun kecil kiri depan

3) Ketuban : (-)

4) Penurunan : hodge III(+)

II. INTERPRETASI DATA

Diagnosa : Ny. Y umur 21 tahun G1P0AO, janin tunggal hidup, presentasi kepala hamil posterm, inpartu kala 1, fase aktif,

Masalah : ibu mengeluh kesakitan

Data Dasar :

DS :

- Ibu mengatakan bernama Ny. A berumur 21 tahun, hamil pertama kali belum pernah melahirkan dan tidak pernah keguguran dan HPHT 10 Mei 2009

- Ibu mengeluh sakit perut yang menjalar ke pinggang yang semakin lama semakin sering.

DO :

- Leopold I : teraba bagian besar, lunak bulat tidak melenting,TFU 33 cm

- Leopold II : Kanan teraba bagian kecil janin dan kiri punggung janin

- Leopold III : presentasi kepala sudah masuk PAP

- Leopold IV : sebagian sudah masuk PAP

- DJJ + frekuensi 142 x/menit

- UK = 42 minggu lebih 4 hari

- Keluar lendir bercampur darah dari vagina

- HIS : 5x dalam 10 menit, lamanya 45 detik,sifat : kuat dan teratur

- Konsistensi portio : tipis, Pendataran : 100%, Pembukaan : 10 cm, Penunjuk : ubun-ubun kecil kiri depan, Ketuban : (-),Penurunan : hodge III(+)

III. ANTISIPASI DIAGNOSA DAN MASALAH POTENSIAL

Partus macet

IV. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN AKAN TINDAKAN SEGERA ATAU KOLABORASI

Kolaborasi

V. MERENCANAKAN ASUHAN YANG MENYELURUH1

1. Observasi keadaan ibu dan janin.

2. Berikan support mental dalam proses persalinan

3. Berikan asupan nutrisi kepada ibu

4. Anjurkan ibu untuk berbaring miring ke kiri

5. Ajarkan teknik relaksasi pada ibu saat ada his yaitu dengan menarik nafas panjang lewat hidung dan mengeluarkannya lewat mulut

6. Kolaborasi dengan dokter untuk terapi sesuai advis dokter

- I VFD Ringer Laktat + induxin ½ ampul 20 tetes per menit

7. Persiapkan alat untuk menolong persalinan dan BBL

VI. PELAKSANAAN

Pada tanggal 8 Maret 2010 pukul 11.00 WIB

1. Memberitahu keadaan ibu dan janin.

2. Memberikan support mental dalam proses persalinan

3. Memberikan asupan nutrisi kepada ibu

4. Menganjurkan ibu untuk berbaring miring ke kiri.

5. Ajarkan teknik relaksasi pada ibu saat ada his yaitu dengan menarik nafas panjang lewat hidung dan mengeluarkannya lewat mulut

6. Berkolaborasi dengan dokter untuk member terapi sesuai advis dokter

- I VFD Ringer Laktat + induxin ½ ampul 20 tetes per menit

7. Mempersiapan alat terdiri dari

a. Partus set :

1) ½ koher

2) 2 klem tali pusat

3) 1 gunting tali pusat

4) 1 gunting episiotomy

5) Penghisap lendir

6) Pengikat tali pusat

7) Handscone 2 pasang

8) Kassa steril

9) Kateter

10) Spuit 3 ml + oksitosin 10 ui

b. Heacting set :

1) Needle holder

2) Benang catgut

3) Pinset cyrurgis

4) 1 gunting benang

5) Jarum

6) Spuit 5cc + lidokain 1%

7) Handscone 1 pasang

8) Kassa betadin

9) Kassa steril

c. Alat-alat non steril : 2 ember, DTT dan klorin, waslap, Doppler, tensi dan temometer, celemek partograf

d. Alat resusitasi

VII. EVALUASI

Pada tanggal 8 Maret 2010 pukul 11.05 WIB

1. Ibu mengerti bahwa keadaan ibu dan janin baik

2. Ibu merasan lebih nyaman

3. Ibu mau meminum teh manis yang diberikan

4. Ibu mau tidur dengan posisi miring kekiri

5. Ibu menarik nafas panjang lewat hidung dan mengeluarkannya lewat mulut

6. Kolaborasi dengan dokter dan telah diberikan obat sesuai advis dokter

7. Alat telah siap.

KALA II

Pengkajian Dilakukan pada pukul : 11.05 WIB

I. PENGKAJIAN

DATA SUBJEKTIF

Ibu merasa ingin meneran seperti ingin BAB

DATA OBJEKTIF

1. Pemeriksaan Fisik

Keadaan umum : sedang

Kesadaran : compos menthis

Nadi : 82X / menit

TD :120/80 mmhg

RR : 22 X/menit

Suhu : 36,5 ºC

2. Pemeriksaan kebidanan

a. Inspeksi

1. Vulva membuka

2. Perinium menonjol

3. Tekanan pada anus

b. Palpasi

HIS : 5x dalam 10 menit, lamanya 45 detik

Sifat : kuat dan teratur

Penurunan : 0/5

c. Auskultasi

Lokasi : Di bawah pusat sebelah kiri perut ibu

DJJ : (+)

Frekuensi : 142x/menit

Sifat : kuat dan teratur

d. Pemeriksaan Dalam

1. Portio

Pendataran : 100%

Pembukaan : lengkap

Penunjuk : ubun-ubun kecil kiri depan

Ketuban : (-)

Penurunan : hodge III +

II. INTERPRETASI DATA

Diagnosa : Ny. Y umur 21 tahun G1P0AO, janin tunggal hidup, presentasi kepala. hamilposterm, inpartu kala II

Masalah : Ibu cemas menghadapi persalinan

Data Dasar :

DS :

- Ibu mengatakan bernama Ny. A berumur 21 tahun, hamil pertama kali belum pernah melahirkan dan tidak pernah keguguran dan HPHT 10 Mei 2009

- Ibu merasa ingin meneran seperti ingin BAB

DO :

- Leopold I : teraba bagian besar, lunak bulat tidak melenting,TFU 33 cm

- Leopold II : Kanan teraba bagian kecil janin dan kiri punggung janin

- Leopold III : presentasi kepala sudah masuk PAP

- Leopold IV : sebagian sudah masuk PAP

- DJJ + frekuensi 142 x/menit

- UK = 42 minggu lebih 4 hari

- Vulva membuka, Perinium menonjol,Tekanan pada anus

- HIS : 5x dalam 10 menit, lamanya 45 detik,Sifat : kuat dan teratur, Penurunan : 0/5

- Pendataran portio : 100%,Pembukaan : lengkap, Penunjuk : ubun-ubun kecil kiri depan,Ketuban : (-)

III. ANTISIPASI DIAGNOSA DAN MASALAH POTENSIAL

- Trauma langsung jalan lahir

- Retensio plasenta

IV. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN AKAN TINDAKAN SEGERA ATAU KOLABORASI

Kolaborasi

V. MERENCANAKAN ASUHAN YANG MENYELURUH

1. Pastikan tanda dan gejala kala II

2. Pastikan pembukaan sudah lengkap

3. Pastikan alat-alat persalinan dan obat-obatan yang digunakan sudah tersedia

4. Jelaskan kepada ibu dan keluarga bahwa persalinan sudah dimulai

5. Anjurkan keluarga untuk menemani ibu saat persalinan

6. Pakai celemek

7. Cuci tangan

8. Pakai sarung tangan

9. Atur posisi ibu

10. Periksa denyut jantung janin (DJJ) setelah kontraksi berakhir memastikan bahwa DJJ dalam batas normal

11. Anjurkan ibu untuk istirahat dan minum antara kontraksi

12. Pimpin ibu meneran setiap ada His

13. Lakukan sangga susur pada bayi setelah kepala bayi keluar

14. Keringkan bayi dang anti dengan kain yang bersih dan kering

VI. PELAKSANAAN.

Pada tanggal 8 Maret 2010 11.15 WIB

1. Memastikan tanda dan gejala kala II

2. Memastikan pembukaan sudah lengkap

3. Memastikan alat-alat persalinan dan obat-obatan yang digunakan

4. Menjelaskan kepada ibu dan keluarga bahwa persalinan sudah dimulai

5. Menganjurkan anggota keluarga atu suami untuk menemani ibu yang akan bersalin

6. Memakai celemek

7. Mencuci tangan

8. Memakai sarung tangan

9. Mengatur posisi ibu

10. Memeriksa denyut jantung janin (DJJ) setelah kontraksi berakhir memastikan bahwa DJJ dalam batas normal

11. Menganjurkan ibu untuk istirahat dan minum antara kontraksi

12. Memimpin ibu meneran setiap ada His

13. Melakukan sangga susur pada bayi

14. Mengeringkan bayi dang anti dengan kain yang bersih dan kering

VII. EVALUASI.

Pada tanggal 8 Maret 2010 pukul 12.30 WIB

1. Ada tanda dan gejala kala II

2. Pembukaan sudah lengkap

3. Alat dan obat sudah lengkap

4. ibu dan keluarga mengerti bahwa persalinan sudah dimulai

5. Suami mendampingi ibu

6. Celemek sudah dipakai

7. Udah mencuci tangan

8. Sarung tangan

9. Ibu dalam posisi dorsal recumbent

10. DJJ janin dalam keadaan normal

11. ibu bersedia untuk istirahat dan minum antara kontraks

12. ibu meneran dengan baik setiap ada His

13. Bayi telah lahir pukul 12.30 WIB menangis dengan jenis kelamin laki-laki

14. Bayi berada dalm selimut bersih dan kering

KALA III

Pengkajian dilakukan pada pukul 12.35 WIB

I. PENGKAJIAN

SUBJEKTIF

Ibu merasa perutnya mules dan ibu merasa lelah setelah persalinan

OBJEKTIF

1. Pemeriksaan Fisik

a. Keadaan umum : Sedang

b. Kesadaran : Compos Mentis

c. TD : 110 / 70 mmHg.

2. Pemeriksaan kebidanan

a. Inspeksi

Melihat adanya tanda-tanda lepasnya plasenta:

1. Tali pusat bertambah panjang

2. Terlihat adanya semburan darah secara tiba-tiba dari vagina

3. Uterus berubah bentuk menjadi globular

b. Palpasi :

1) kontraksi uterus : baik

2) TFU : sepusat

II. INTERPRETASI DATA

Diagnosa : Ny.Y umur 21 tahun P1A0, post partum kala III

Masalah : Plasenta belum lahir

Data Dasar

DS :

- Ibu mengatakan bernama Ny. A berumur 21 tahun, baru saja melahirkan bayinya dan belum pernah keguguran

- Ibu merasa perutnya mules dan ibu merasa lelah setelah persalinan

DO :

- Ibu baru saja melahirkan bayinya

- Terdapat tanda lepasnya plasenta:

1. Tali pusat bertambah panjang

2. Terlihat adanya semburan darah secara tiba-tiba dari vagina

3. Uterus berubah bentuk menjadi globular

- kontraksi uterus : baik, TFU : sepusat

III. ANTISIPASI DIAGNOSA DAN MASALAH POTENSIAL

Atonia uteri

IV. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN AKAN TINDAKAN SEGERA ATAU KOLABORASI

Injeksi oksitosin

V. MERENCANAKAN ASUHAN SECARA MENYELURUH

1. Beritahu keadaan ibu dan bayi

2. Beritahu ibu bahwa akan disuntik oksitosin pada paha ibu

3. Suntikkan oksitosin 10 UI secara IM 1/3 paha ibu bagian luar

4. Pindahkan klem didepan vulva 5-10 cm

5. Lakukan peregangan tali pusat terkendali, satu tangan memegang tali pusat dan yang satu melakukan dorso cranial

6. Lakukan masase uterus

7. Periksa kelengkapan plasenta

8. Perika adanya laserasi jalan lahir

9. Periksa adanya perdarahan pervaginam

VI. PELAKSANAAN

Pada tanggal 8 Maret 2010 pukul 12.40 WIB

1. Memberitahu keadaan ibu dan bayi

2. Memberitahu ibu bahwa akan disuntik oksitosin pada paha ibu

3. Menyuntikkan oksitosin 10 UI secara IM 1/3 paha ibu bagian luar

4. Memindahkan klem didepan vulva 5-10 cm

5. Melakukan peregangan tali pusat terkendali, satu tangan memegang tali pusat dan yang satu melakukan dorso cranial

6. Melakukan masase uterus

7. Memeriksa kelengkapan plasenta

8. Memeriksa adanya laserasi jalan lahir

9. Memeriksa adanya perdarahan pervaginam

VII. EVALUASI

Pada tanggal 8 Maret 2010 Pukul 12.45 WIB

1. Ibu mengetahui keadaannya

2. Ibu mengetahui bahwa akan disuntik

3. Oksitosin telah masuk

4. Klem berada 5 cm di depan vulva

5. Plasenta lahir

6. Uterus menjadi keras

7. Plasenta lahir lengkap ,TP : 48cm. BP : 450 gram diameter : 18-19 cm.

8. Tidak ada laserasi jalan lahir

9. Tidak ada perdarahan per vaginam

KALA IV

Pengkajian dilakukan pada pukul 12.45 wib

I. PENGKAJIAN

DATA SUBJEKTIF

1. Ibu merasa lelah

2. Ibu merasa haus dan lapar

DATA OBJEKTIF

1. Pemeriksaan Fisik

Keadaan umum :sedang

Kesadaran : compos menthis

TD :110/80 mmhg

Nadi :80x/menit

RR : 22/menit

Suhu : 36 C

2. Pemeriksaan kebidanan

a. Palpasi :

1) Kontaksi uterus : baik

2) Konsistensi : keras

3) TFU : 2 jari bawah pusat

4) Kandung kemih : kosong

II. INTERPRETASI DATA

Diagnosa : Ny. Y umur 21 tahun P1A0 post partum kala 1V

Masalah : keadaan ibu lemah

Data Dasar

DS :

- Ibu mengatakan bernama Ny. A berumur 21 tahun, baru saja melahirkan bayinya dan belum pernah keguguran

- Ibu merasa lelah, haus dan lapar

DO :

- Plasenta sudah lahir spontan, lengkap

- Kontaksi uterus : baik, Konsistensi : keras

- TFU : 2 jari bawah pusat

III. ANTISIPASI DIAGNOSA DAN MASALAH POTENSIAL

- Infeksi jalan lahir

- Perdarahan

IV. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN AKAN TINDAKAN SEGERA ATAU KOLABORASI

Observasi pendarahan

V. MERENCANAKAN ASUHAN SECARA MENYELURUH

1. Beritahu keadaan ibu dan bayi

2. Observasi pendarahan

3. Periksa adanya laserasi jalan lahir.

4. Bersihkan tubuh ibu dan menggantikan pakaian

5. Pantau tekanan darah, nadi, tinggi fundus, kandung kemih dan darah yang keluar setiap 15 menit selama satu jam pertama dan setiap 30 menit selama satu jam kala empat berikutnya

6. Masase uterus untuk membuat kontraksi menjadi baik setiap 15 menit selama satu jam pertama dan setiap 30 menit setiap dua jam kala dua

7. Pantau temperature tubuh setiap jam pertama selama dua jam pasca persalinan

8. Nilai perdarahan setiap 15 menit selama 1 jam pertama dan setiap 30 menit selama jam kedua pasca persalinan

9. Dekontaminasi alat bekas pakai

10. Lakukan cuci tangan efektif

11. Anjurkan ibu untuk istirahat

12. Lakukan pendokumentasian.

VI. PELAKSANAAN

Pada tanggal 8 Maret 2010 pukul 12.50 WIB

1. Memberitahu keadaan ibu dan bayi

2. Mengobservasi pendarahan

3. Memeriksa adanya laserasi jalan lahir.

4. Membersihkan tubuh ibu dan menggantikan pakaian

5. Pantau tekanan darah, nadi, tinggi fundus, kandung kemih dan darah yang keluar setiap 15 menit selama satu jam pertama dan setiap 30 menit selama satu jam kala empat berikutnya

6. Masase uterus untuk membuat kontraksi menjadi baik setiap 15 menit selama satu jam pertama dan setiap 30 menit setiap dua jam kala dua

7. Pantau temperature tubuh setiap jam pertama selama dua jam pasca persalinan

8. Nilai perdarahan setiap 15 menit selama 1 jam pertama dan setiap 30 menit selama jam kedua pasca persalinan

9. Dekontaminasi alat bekas pakai

10. Melakukan cuci tangan efektif

11. Anjurkan ibu untuk istirahat

12. Melakukan pendokumentasian.

VII. EVALUASI

Pada tanggal 8 Maret 2010 pukul 12.55 WIB

1. Ibu mengetahui keadaan ibu dan bayi

2. pendarahan normal 100 C

3. tidak ada laserasi jalan lahir

4. Ibu telah mengenakan pakain bersih

5. Memantau kontraksi dan pendarahan pervaginam 2-3 kali dalam 15 menit pasca persalinan

Pukul 13.00

Tekanan darah : 110/80 mmHg

Nadi : 80 X/ menit

Tinggi fundus uteri : 2 jari dibawah pusat

Darah yang keluar : ± 50 cc

Pukul 13.15

Tekanan darah : 110/80 mmHg

Nadi : 90 X/ menit

Tinggi fundus uteri : 2 jari dibawah pusat

Darah yang keluar : ± 50 cc

Pukul 13.30

Tekanan darah : 120/80 mmHg

Nadi : 90 X/ menit

Tinggi fundus uteri : 2 jari dibawah pusat

Darah yang keluar : ± 50 cc

Pukul 13.45

Tekanan darah : 120/90 mmHg

Nadi : 80 X/ menit

Tinggi fundus uteri : 2 jari dibawah pusat

Darah yang keluar : ± 50 cc

6. masase uterus telah dilakukan dan uterus berkontraksi dengan baik

7. temperature

Pukul 13.00 wib

Suhu : 36º celcius

Pukul 14.00 wib

Suhu : 36,5 ºcelcius

8. perdarahan

pukul 13.00 wib

Tidak terjadi perdarah dan pengeluaran darah ± 100 cc

Pukul 13.15 wib

Tidak terjadi perdarahan dan pengeluaran darah ± 100 cc

Pukul 13.30 wib

Tidak terjadi perdarahan dan pengeluaran darah ± 100 cc

Pukul 13.45 wib

Tidak terjadi perdarahan dan pengeluaran darah ± 100 cc

9. Alat telah didekontaminasi

10. Cuci tangan efektif telah dilakukan

11. Ibu bersedia untuk istirahat

12. Telah didokumentasikan.

BAB III

PENUTUP

A. KESIMPULAN

Postmatur menunjukan atau menggambarkan kaadaan janin yang lahir telah melampauhi batas waktu persalinannya, sehingga dapat menyebabkan beberapa komplikasi. Belum ada penyebab pasti terjadinya postmatur ini dan sebagian besar bias diselesaikan dengan persalinan induksi maupun seksio sesaria dan bidan tidak berwenang menolong persalinan dengan kehamilan postmatur kecuali bidan di rumah sakit dengan kolaborasi dengan dokter.

B. SARAN

1. Sebaiknya persalinan dengan postmatur dilakukan di rumah sakit atas kolaborasi dengan dokter

2. Kehamilan postmatur harus secepatnya dideteksi untuk menghindari komplikasi terutama pada janin

3. Bidan sebaiknya dapat mendeteksi kehamilan postmatur untuk menghindari komplikasi dan mengambil tindakan yang tepat untuk menanganinya

DAFTAR PUSTAKA

Cunningham, Gary, dkk. 2006. Obstetri William ed.21. Jakarta: EGC

Manuaba, Ida Bagus Gede. 1999, Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita.Jakarta. Arcan

Mochtar, Rustam.1998, Sinopsis Obstetri. Jakarta: EGC

Prawiroharjo, Sarwono.2003. Ilmu Kebidanan. Jakarta. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo.

Varney, Helen Dkk.2007, Buku Ajar Asuhan Kebidanan ed.4 vo1. Jakarta.EGC

Source:www.thieryabdee.wordpress.com