Gairah Seks Menurun Setelah Menikah? Ini Penyebabnya!

Jakarta - Setelah beberapa tahun menikah, pasangan Anda tidak lagi semangat untuk diajak bercinta. Apa yang terjadi? Ini dia beberapa hal yang menjadi penyebab menurunnya gairah seks si dia.

Untuk pasangan yang menikah sudah lebih dari empat tahun dan memiliki anak, menurunnya gairah seks ini menurut dr. Andri Wanananda MS adalah sebuah 'Gangguan Dorongan Seksual (GDS). Penyebab GDS bisa karena faktor fisik seperti penyakit hipertensi, kencing manis, defisiensi hormon testosterone, gangguan jantung, penyakit hati atau ginjal.

Jika semua gangguan fisik tersebut tidak terjadi pada diri Anda atau pasangan, bisa jadi GDS terjadi karena faktor psikis. "Faktor psikis di antaranya adalah kejemuan terhadap pasangan. Faktor ini menjadi penyebab Anda tidak bisa menikmati hubungan intim," jelas Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) itu.

Dr. Andri menjelaskan, proses hubungan seksual tidak sekadar penetrasi penis dan vagina, tapi amat kompleks. Dibutuhkan kebugaran fisik yang optimal serta ketentraman psikis yang baik sehingga bisa menciptakan fantasi seksual yang sensual.

Bagaimana jika GDS ini terjadi? Dr. Andri menyarankan untuk Anda dan pasangan pergi bersama. Dengan berpergian bersama itu diharapkan dapat membangkitkan kenangan manis ketika Anda berdua masih saling tertarik satu sama lain.

Coba juga ungkapkan fantasi seksual masing-masing. Hal-hal apa saja yang disukai dan tidak disukai saat berhubungan seks juga sebaiknya dikomunikasikan agar memicu gairah seksual Anda.

Jika masalah GDS ini masih terjadi, Anda dan pasangan bisa melakukan terapi seks. Seperti dikutip oleh medicmegic, terapi seks merupakan salah satu jenis psikoterapi. Terapi tersebut dapat membantu mengurangi rasa kekhawatiran mengenai fungsi seksual, perasaan seksual dan masalah intim lainnya.