THT : Telinga, Hidung dan Tenggorokan (manusia) | Contoh Artikel makalah Judul Proposal skripsi askep Keperawatan Kebidanan Farmasi
THT : Telinga, Hidung dan Tenggorokan (manusia) ~ Contoh Artikel makalah Judul Proposal skripsi askep Keperawatan Kebidanan Farmasi

THT : Telinga, Hidung dan Tenggorokan (manusia)

BAB I
PENDAHULUAN
Latar belakang

Telinga, hidung dan tenggorokan dihubungkan satu sama lain oleh saluran yang dinamakan saluran “Eustachian tube”. Oleh karena itu infeksi pada hidung dapat menyebar ke tenggorokan dan sebaliknya.

Biasanya telinga tidak memerlukan banyak perawatan. Kotoran telinga yang menumpuk pada telinga bagian luar mengandung zat yang dapat membunuh bakteria dan mencegah infeksi. Ingat, jangan memasukkan benda tajam ke dalam telinga karena dapat merusak gendang telinga dan menyebabkan ketulian. Untuk membersihkan kotoran telinga yang menumpuk, gunakan sediaan yang dapat dibeli di apotek. Jika telinga terasa tersumbat, periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang cukup. Jika kita sedang bepergian dengan kapal terbang, telinga kadang-kadang merasa tidak enak. Hal ini disebabkan karena bagian dalam tidak sama dengan tekanan pada telinga bagian luar. Keadaan ini menyebabkan telinga terasa tidak enak dan sakit sampai telinga mengeluarkan bunyi “pop” dan tekanan menjadi seimbang. Untuk mencegah tekanan yang berlainan, coba hisap permen atau menelan pada waktu kapal terbang meninggi atau turun. Cara lain, anda dapat menekan hidung dari ke dua lubang hidung dan hembuskan sampai telinga berbunyi. Hindari bepergian dengan kapal terbang jika anda sedang flu atau sakit tenggorokan karena akan meningkatkan ketidakseimbangan tekanan pada telinga. Jika anda harus bepergian dengan kapal terbang dalam keadaan flu atau sakit tenggorokan, gunakan semprot hidung yang bekerja sebagai pelebar jalan nafas (decongestant) untuk mengurangi rasa tidak enak pada telinga.

Pencegahan Gangguan Pendengaran/Kehilangan Pendengaran Pendengaran setiap orang makin menurun dengan bertambahnya usia. Salah satu faktor penyebab adalah seringnya terpapar suara keras dari lingkungan/sekeliling. Suara diukur dengan desibel. Lebih keras suara, lebih tinggi desibelnya. Kehilangan pendengaran yang disebabkan oleh suara keras yang menyerang telinga bagian dalam akan sulit diperbaiki. Lebih keras suara, lebih cepat menyebabkan kerusakan telinga yang tidak dapat diperbaiki. Hindari sedapat mungkin berada di lingkungan dengan suara sangat keras. Jika anda bekerja di lingkungan yang selalu ada suara keras, kenakan sumbatan telinga atau alat pembantu bicara (ear phone) untuk menjaga kesehatan telinga anda. Diperkirakan paparan yang terus menerus terhadap suara yang keras (diatas 90 desibel) dapat merusak pendengaran. Suara yang terus menerus terdengar di telinga merupakan tanda kerusakan pada telinga bagian dalam. Kondisi ini disebut Tinitus.


BAB II
ISI

Infeksi Telinga Hal ini disebabkan oleh lendir yang tertumpuk pada saluran telinga pada waktu anak mencoba mengeluarkan lendir dari hidung. Jika lendir terinfeksi, akan menyebabkan pembengkakan yang dapat menyebabkan tuli. Hal ini tidak terjadi pada dewasa karena saluran yang menghubungi hidung dan telinga lebih panjang. Jika anak anda terserang flu dan mengeluh sakit pada telinga sambil menangis, bawa cepat ke dokter.

Infeksi Sinus (Rongga Hidung) Radang rongga hidung (sinusitis) dapat disebabkan oleh alergi atau infeksi. Peradangan ini mengakibatkan meningkatnya produksi lendir berair, hidung tersumbat dan juga sakit kepala. Kebanyakan mereka yang terserang sinusitis biasanya menunjukkan gejala-gejala yang berat pada pagi hari dan merasa lebih baik pada siang hari. Dianjurkan untuk konsultasi ke dokter jika keadaan ini sangat mengganggu.

Infeksi Tenggorokan Virus atau bakteria dapat menyebabkan infeksi tenggorokan. Kebanyakan infeksi tenggorokan pada dewasa ini disebabkan oleh virus, dan kadang-kadang jenis virus tersebut adalah sama dengan virus penyebab influenza. Tetapi, infeksi tenggorokan pada anak-anak kebanyakan disebabkan oleh bakteria. Rasa sakit pada tenggorokan dapat dikurangi dengan cara menghisap lozenges atau kumur menggunakan obat kumur. Obat kumur yang digunakan dapat membeli sediaan jadi di apotik atau membuat sendiri dengan melarutkan garam dalam air hangat. Biarpun rasanya mungkin tidak enak, tapi sangat bermanfaat. Menghisap lozenges atau permen pedas dapat memberikan rasa enak pada tenggorokan. Gula dari permen melapisi tenggorokan dan membentuk lapisan pelindung. Kebanyakan lozenges dan obat kumur mengandung lokal anestetik (pereda rasa) yang ringan dan antiseptik. Pastikan anda tidak alergi terhadap zat yang terkandung dalam obat kumur atau lozenges

Post a Comment

Followers

  © Blogger template Werd by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP  

Recommended By WODPRES And Powered By Blogger