SILABUS MATA KULIAH PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN

1. Ekonomi Manajerial
a. Tujuan : Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam penerapan teori
ekonomi untuk menganalisis permasalahan bisnis yang dihadapi
perusahaan dalam proses pembuatan keputusan dan perumusan
kebijaksanaan bisnis yang efektif dan efisien.
b. Cakupan : Konsep permintaan, produksi dan analisis marginal : konsep laba
serta optimal laba, elastisitas, dan economies of scale, structure
pasar, penetapan harga, lima kekuatan persaingan, hubungan biaya –
volume laba, analisis komparatif statik.
c. Bacaan Anjuran :
1. E.J. Douglas : Managerial Economic : Analysis and Strategy Prentice – Hall.
Tahun 1995
2. E. Mansfield : Managerial Economics. Irwin edisi terbaru;
3. M.A. Poster : Competitive Strategy : Techniques for Analysing Industries and
Competitors Free Press 1980.
4. D. Salvatore : Managerial Economics in Global Economy. MCGraw – Hill,
edisi internasional. Tahun 2001
5. A.A. Thomson and J.P. Formby : Economics of the Firms : Theory and
Practice. Prentice Hall. Tahun 1993
2. Manajemen Pemasaran
a. Tujuan : Memahami Fungsi pemasaran dan aneka institusi pemasaran :
mampu menggunakan berbagai perangkat analisis serta teknik
mutakhir tentang konsumen dan alat pemasaran : serta mampu
menentukan kebijaksanaan bisnis yang terkait dengan sistem
pemasaran perusahaan;
b. Cakupan : Kerangka dan proses pemasaran (tingkat korporat – unit bisnis
strategi dan produk); peluang pasar dan sasaran pemasaran; daur
hidup produk; pengelolaan produk dan jasa; strategi harga saluran
distribusi; bauran strategi komunikasi dan promosi strategi dan taktik
pemasaran; organisasi dan implementasi kegiatan pemasaran;
pengendalian pemasaran; konsep dan teknik pemasaran jasa,
industrial dan global;
c. Bacaan Anjuran :
1. P. Kotler : Marketing Management : Analysis, Planing, Implementation and
Control. Prentice Hall. Tahun 2000.
2. E.N. Berkowinz R.A. Kerin S.W. Hartley & W. Rudelius; Marketing. Irwin,
tahun 1989.
3. W. Keegan S. Moriarty & T. Ducan : Marketing Prentice Hall, tahun 1995;
4. T. Pawitra : Pemasaran : Dimensi. Falsafah, Disiplin dan Keahlian. Penerbit
STIMA Prasetya Mulya 1993.
5. W.J. Stanton M.J. Etzel & B.J. Walker : Fundamentals of Marketing. Mc.
Graw Hill edisi terbaru.
3. Riset Pemasaran
a. Tujuan : Menguasai teknik – teknik perancangan, pelaksanaan, evaluasi dan
penulisan laporan hasil riset pemasaran secara mandiri dan
profesional dengan landasan metodologi riset secara teknik analisis
kualitatif, bivariat, multivariat dan teknik kuantitatif, untuk tujuan
praktis dalam menunjang kegiatan pemasaran perusahaan;
b. Cakupan : Metodologi riset pemasaran; proses dan jenis riset; pemasaran;
proses dan rancangan riset; proses dan prosedur pengumpulan data
(validitas dan rehabilitas); analisis dan penafsiran data; penulisan
laporan dan teknik presentasi hasil riset pemasaran.
c. Bacaan Anjuran :
1. D.A. Aaker & George Day : Marketing Research. John Wiley & Sons, edisi
1998;
2. G.A. Churchill. Jr. Marketing Research; Methodology Foundations. Dryden
press, edisi internasional, edisi baru;
3. D.I. Hawkins & D.S. Tull; Essentials of Marketing Research. Mac Millan.
1994.
4. A. Parasuraman : Marketing Research. Addison – Wesley, edisi terbaru;
4. Pemasaran Strategi
a. Tujuan : Memiliki kemampuan analisis kegiatan pemasaran secara holistik
dan integratif baik pada tingkat strategi, manajerial maupun
operasional, dan memiliki kepiawaian pembuatan keputusan baik
sebagai pemasaran strategi (perumus) maupun sebagai pemasaran
operasional (pelaksana).
b. Cakupan : Proses manajemen pemasaran; peranan strategi bidang pemasaran;
dimensi pemasaran strategi; analysis situasi pemasaran dan analysis
strategi kemampuan internal perusahaan; penentuan tujuan
pemasaran; segmentasi pasar sasaran; penempatan posisi dan
pengukuran pasar, teknik analisis bersaing; perumusan strategi
generik dan program pemasaran; implementasi. Evaluasi dan
pemantauan keberhasilan pemasaran strategi;
c. Bacaan Anjuran :
1. D.W. Cravens : Strategic Marketing, Irwin, edisi terbaru;
S.C. Jain : Marketing Planning and Strategy, South Western Publishing, tahun
2003.
2. A. Kerin : Strategic Marketing Problems. Pretice Hall. Tahun 1998
3. O.C. Walker, H.W. Boyd & J-L Larrenche; Marketing Strategy; Planning and
Implementation, Third Edition, Mc.Graw Hill-Irwin, 2002
4. Ferrel, OC., Hartline, Michael D., Lucas, George H., Marketing Strategy,
Second Edition, South Western, 2002.
5. Kerin, Roger, Peterson, Robert, Strategic Marketing Problems, Cases &
Comments, Tenth Edition, Pearson Education International, 2004.
5. Pemasaran Internasional
a. Tujuan : Memiliki penguasaan profesional dalam pengelolaan proses
pemasaran internasional untuk menciptakan keunggulan daya saing
berkelanjutan dan kepiawaian dalam pembuatan keputusan
pemasaran dalam konteks global melalui penguasaan konsep dan
perangkat analisis.
b. Cakupan : Kerangka konsepsional pemasaran internasional : Sistem informasi
dan riset pemasaran internasional : analisis lingkungan eksternal dan
internal perusahaan; pemilihan pasar internasional dan penentuan
tujuan perusahaan.
c. Bacaan Anjuran :
1. M.R. Czintoka & J.A. Ronkainen : International Marketing Dryden Press,
tahun 1998;
2. W. Keegan : Global Marketing Management; Prentice Hall, tahun 2000;
3. S.C. Jain : International Marketing Management; Wadswordth Publishing,
tahun 1993;
4. S. Onkvisit & J.J. Shaw : International Marketing; Analysis and Strategy.
Mac. Millan, tahun 1997;
5. B. Toyne & P.G.P. Walters : Global Marketing Management Allyn & Bacon
edisi terbaru;
6. Manajemen Keuangan
a. Tujuan : Memiliki pengetahuan tentang prinsip, konsep dan teknik keuangan
untuk menganalisis kondisi serta perencanaan, pengelolaan dan
pengendalian keuangan perusahaan, dalam proses pengembalian
keputusan yang optimal.
b. Cakupan : Pengelolaan aset dan piutang; penilaian dan biaya modal;
penganggaran modal; surat berharga; struktur modal dan deviden;
pembelanjaan; pengelolaan kas; modal kerja; leasing; options;
warants and convertiables; dan perencanaan serta pengendalian
keuangan.
c. Bacaan Anjuran :
1. R.A. Brealey & S.C. Myres; Principles of Corporate Finance. Mc Graw Hill,
1996;
2. E.F. Brigham & L.C. Gapenski : Financial Management; Theory and Practice.
Dryden Press, 1999.
3. J.D. Martin J.W. Petty A.J. Keown & D.F. Scott; Jr. Basic Financial
Management. Prentice Hall International, 1999.
4. S.A. Ross R.W. Westerfield & J.F. Jaffe; Corporate Finance Irwin, 2002;
7. Analisis Investasi dan Manajemen Resiko
a. Tujuan : Menguasai secara konsepsional tentang strategi dan teknik investasi
dalam surat berharga dengan kemampuan untuk memperhitungkan
resiko dan imbalan (return) yang sesuai dengan tujuan perusahaan,
kemampuan dalam perencanaan keuangan dan peningkatan nilai
perusahaan.
b. Cakupan : Prinsip dan teknik analisis dan pemilihan portfolio surat berharga;
hubungan antara resiko dan imbalan; evaluasi kinerja investasi;
Teori pasar modal dan efisiensi pasar; capital asset pricing model;
arbitrage pricing theory; pasar obligasi; inflasi; deviden dan pajak;
options dan futures.
c. Bacaan Anjuran :
1. Z. Bodie, A. Kane & A.J. Marcus (BKM); Invesment Irwin 2005.
2. J.C. Francis; Investment, Analysis and Management, Mc. Graw Hill, edisi
terbaru.
3. H. Levy & Sarnat; Capital Investment and Financial Decisions. Prentice Hall,
1994;
4. W. Sharpe & G. Alexander; Investment. Prentice Hall, 1995.
8. Institusi Depositori, Pasar Modal dan Manajemen Resiko
a. Tujuan : Memahami sistem keuangan dalam perekonomian, fungsi dan
operasi lembaga keuangan, arus modal dalam pasar keuangan,
dinamika suku bunga dan inflasi, serta pengendalian moneter dan
fiskal agar dapat dimanfaatkan bagi manajemen keuangan
perusahaan.
b. Cakupan : Bank; Lembaga Keuangan non Bank; Perusahaan asuransi dan
investasi; permasalahan lembaga keuangan dalam kondisi ekonomi
yang berubah; hubungan fidusiari; dan kontribusi lembaga keuangan
bagi perekonomian;
c. Bacaan Anjuran :
1. Markets, MacMillan 1989.
2. R.O. Edmister; Financial Institutions, Market and Management Mc. Graw Hill
edisi terbaru;
3. R.D. Auerbach Money, Banking and Financial D.S. Kidwell & R.L. Peterson :
Financial Institutions, Market and Money Dryden press, edisi terbaru.
4. P.S. Rose & D.R Fraser : Financial Institutions Irwin, 2000.
9. Keuangan Internasional
a. Tujuan : Menguasai berbagai perangkat analistis yang dapat dimanfaatkan
untuk menganalisis sistem keuangan internasional dan meningkatkan
kemampuan teknis pengelolaan keuangan internasional yang
bermanfaat bagi perusahaan dalam proses pembuatan keputusan
keuangan baik jangka pendek maupun jangka panjang.
b. Cakupan : Makroekonomi perekonomian terbuka; neraca pembayaran; pasar
valuta asing; mekanisme penentuan dan pengaruh perubahan Kurs;
berbagai manajemen resiko kurs; biaya modal struktur kuangan;
penganggaran modal dalam investasi internasional pembiayaan
perdagangan; perpajakan; modal kerja dan perbankan internasional.
c. Bacaan Anjuran :
1. S. Eitman : Multinational Business Finance. Adison – Wesley, 1998;
2. C.W. Hultman : The Enviroment of international Banking Prentice Hall, 1990;
3. F.L. Rivera – Batiz & L. Rivera – Batiz : International Finance and Open
Economy Macroeconomics. MacMillan, 1994.
4. D. Salvatore : International Economics. Mc. Millan, 1998;
5. A.C. Shapiro : Multinational Financial Management. Allan and Bacon, 1989.
10. Manajemen Produksi / Operasi
a. Tujuan : Menguasai perangkat analistis untuk memecahkan masalah produksi;
kemampuan untuk mengatur kegiatan produksi, mulai dari
perancangan, penggunaan input tenaga kerja, modal, mesin, material
dan informasi; serta meningkatkan produktivitas dan efektivitas
produksi dalam manufakturing modern.
b. Cakupan : Perancangan produk; strategi proses; kurva belajar (learning kurva)
analisis dan perancangan kerja; peramalan; perencanaan kapasitas;
perancangan fasilitas; job and standard; perencanaan agreat;
penjadwalan; manajemen persediaan material requiretment planing
(MRP); TQC/TQM; Value analysis / Value enginerring; industrial
enginerring; just – in time; total production maintenance; 5.S (seiri,
seiton, seiso, shitsuke); flexible manufacturing system; lean
production; ISO 9000; Manajemen proyek, latihan/studi kasus
menyangkut topik-topik dasar MP/O yaitu Perencanaan Tata Letak
Fasilitas, Perencanaan Sistem Kerja, Perencanaan Produksi,
Perencanaan Persediaan Penjadwalan Operasi, Manajemen Mutu,
Manajemen Perawatan dan Simulasi Sistem P/O
c. Bacaan Anjuran :
1. E.E. Adam & R.J. Ebert; Production and Operations Management. Prentice
Hall International edition, 1995;
2. R.B. Chase & N.J. Aquilano : Productions and Operations Management : A.
Life Cycle Aproach. Erwin, 1998;
3. R.T. Lubben : Just – In – Time Manufacturing : And Aggressive
Manufacturing Strategy. Mc. Graw Hill, 1988;
4. W.J. Stevenson : Production Operations Management Irwin/Toppan, edisi
terbaru;
5. Heizer, J, Render, B, Production and Operation Management, Prentice Hall,
1996.
11. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
a. Tujuan : Menguasai berbagai konsep Manajemen Sumber Daya Manusia
(SDM) baik strategi maupun operasional, menjembatani keterpaduan
antara sistem SDM dengan sistem lain dalam organisasi, dan
mengaplikasikan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam
perusahaan modern.
b. Cakupan : Peranan Sumber Daya Manusia dalam Manajemen Strategi
organisasi modern; struktur dan manajemen SDM; perencanaan dan
pengadaan SDM; pelatihan dan pengembangan; Penilaian kinerja;
evaluasi pekerjaan; karir; sistem imbal jasa dan Hubungan Industri
Pancasila.
c. Bacaan Anjuran :
1. G.T. Milkovich & J.W. Boudreau : Human Resaurce Management, Irwin,
edisi terbaru;
2. G.S. Ordiorne; Strategic Management Of Human Resaurce. Josse Bess 1985;
3. J.W. Walker : Human Resource Strategy. Mc. Graw Hill, 1992;
4. W.B. Wether Jr. And K. Davis : Human Resource and Personnel
Management. MacGraw Hill. MacGraw Hill, edisi international 1996.
12. Manajemen Strategik
a. Tujuan : Memberikan peserta didik suatu pemahaman dan penguasaan
berpikir ke depan yang berbasis pada keunggulan internal dan
peluang eksternal pada situasi yang tidak pasti mengandung resiko.
b. Cakupan : Penerapan prinsip-prinsip dan proses strategi dalam pengembangan
perusahaan secara internal dan eksternal oleh manajemen dalam
menghadapi berbagai kondisi perubahan kompleks yang
berpengaruh terhadap kelangsungan hidup dan masa depannya.
c. Bacaan Anjuran :
1. Certo SC. And J.P. Peter. 1991 Strategi Management, McGraw Hill
Publishing Co., Ney York.
2. Franklernel, D and C. Bowman. 1995. The Essence of Competitive Strategy,
11. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
3. Rowe, A.J., R.O. Mason, K.E. Dickel, R.B. Mann and R.J. Mockler. 1994.
Strategic Management : a. Methodologycal Aprproach Publishing Company,
Reading Massachuset.
4. Tashman, M.L. and P. Anderson. 1997. Managing Strategic Inovation and
Change, Oxford University Press, New York.
13. Derivatives
a. Tujuan : Berbagai kalangan telah menggunakan instrument derivatives di
dalam pengelolaan keuangan mereka baik untuk investasi maupun
dalam upaya lindung nilai, namun hal ini masih terasa produk yang
langka di Indonesia. Mata kuliah ini bermaksud untuk mengenalkan
berbagai macam kontrak derivatives dengan maksud mempersiapkan
mahasiswa agar mampu menggunakannya dalam berbagai upaya
lindung nilai serta memberi pengetahuan kepada mahasiswa agar
memahami perkembangan pasar derivaties.
b. Cakupan : Materi kuliah mencakup desain, valuasi dan pricing serta strategi
pengumuman instrumen derivatives (arbitge, hedging, and spread)
Produk-produk yang dipelajari meliputi futures, options, serta swaps
dengan berbagai variasi produk-produknya.
c. Bacaan Anjuran :
1. John C. Hull, Option, Futures and other derivatives 4th. Edition, Upper Saddle
River, NJ : Prentice Hall, 1999
2. Tambahan :
a) The Asian Wall Street Journal, Barron’s and/ or the financial periodicals;
b) Don M. Chance, An Introductions to Derivatives, 4th Edition Fort Worth
Dryden Press, 1998;
c) Robert Jarrow and Stuart Turabull, Derivative Securities, Cuncinanti OH,
Southwestern College Publishers, 1996;
d) John C. Cox and Mark Rubinstein, Options Markets, Englewood Cliffs,
NJ : Pretice Hall 1985;
e) Mark Rubinstein, Derivatives A. Power Plus Picture Book 1999.
14. Manajemen Portfolio (Investasi lanjutan)
a. Tujuan : Mempersiapkan mahasiswa khususnya yang mengambil konsentrasi
pasar modal agar mengerti dan mampu secara prinsip dalam analisa
sekuritas, menyusun dan mengelola portfolio efisien, menggunakan
teori portfolio modern, serta evaluasi terhadap kinerja portfolio.
b. Cakupan : Materi kuliah mencakup dasar-dasar investasi, analisa sekuritas,
seleksi portfolio, teori portfolio moderen, eficient frontier, Index
Models, CAPM, pengenalan futeres dan option trading, analisa dan
manajemen fixed income, serta pengukuran kinerja suatu portfolio.
c. Bacaan Anjuran :
1. Bodle, Svi, Alex Kane, Allan J, Markus, Investments, Irwin, 4th Ed., 2005.
2. Edwin J, Elton and Martin Gruber, Modern Portofolio Theory and Investment
Analysis; 5th Ed, John Wiley & Sons 1995;
3. Suad Husnan, Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas, 3 rd Ed,
UPP AMP YKPN, 1998;
4. The Asian Wall Street Journal, Barron’s and/or other financial periodeicals.